STRATEGI MANAJEMEN RISIKO DAN PERCEPATAN PEKERJAAN UNTUK MEREDUKSI WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus: Proyek Pengendalian Banjir Dan Rob Sungai Loji-Banger Paket 1)

PERWIRANEGARA, ALAMSYAH FATIH (2024) STRATEGI MANAJEMEN RISIKO DAN PERCEPATAN PEKERJAAN UNTUK MEREDUKSI WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus: Proyek Pengendalian Banjir Dan Rob Sungai Loji-Banger Paket 1). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100003_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Manajemen risiko yang berupa mitigasi awal dengan mempertimbangkan faktor-faktor dan issue-issue internal dan eksternal yang diidentifikasi deng baik saat perencanaan dan dapat dikendalikan saat pelaksanaan secara komprehensif yang melibatkan seluruh stakeholder akan dapat memperkecil gap dalam melakukan prediksi dan strategi percepatan waktu penyelesaian pekerjaan sampai dengan selesai secara keseluruhan. Proyek Pengendalian Banjir dan Rob Sungai Loji-Banger Paket 1 merupakan salah satu proyek strategis pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi banjir rob di pesisir utara Kota Pekalongan. Bagi pemilik proyek dalam hal ini pemerintah pusat, masyarakat sekitar serta pemerintah kota setempat, percepatan waktu penyelesaian pekerjaan proyek ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam hal mengantisipasi bencana banjir dan rob sebelum musim hujan tiba pada tahun ke-2 kontrak pekerjaan berjalan. Selain itu, proyek yang dipercepat dibandingkan dengan waktu pelaksanaan kontrak dapat memberikan nilai tambah berupa keuntungan peningkatan laba perusahaan kontraktor pelaksan yang berasal dari efisiensi biaya pelaksanaan proyek. Metode penelitian yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu analisis manajemen risiko yang bersifat mitigasi pada saat perencanaan awal proyek dengan melakukan penilaian risiko pada aspek-aspek yang akan sangat berpengaruh pada pelaksanaan proyek yang variabelnya ditentukan berdasarkan referensi dan usulan responden saat wawancara, analisis percepatan waktu pekerjaan pekerjaan dengan metode overlapping fast-track menggunakan software Microsoft Project dengan memasukkan beberapa aktivitas hasil dari identifikasi penilaian risiko yang memilik potensi akan menghambat percepatan pekerjaan, serta analisis efisiensi biaya yang berasal dari perhitungan jumlah waktu yang direduksi dikalikan dengan biaya tidak langsung yang dapat dihemat. Pada analisis dengan studi kasus pada Proyek Pengendalian Banjir dan Rob Sungai Loji-Banger Paket 1 menghasilkan 5 aspek risiko yang perlu diperketat pengendaliannya saat pelaksanaannya sehingga harus dimasukkan kedalam milestone aktivitas pada schedule Microsoft Project. Percepatan waktu pelaksanaan pekerjaan dari semula 720 hari kalender dapat dipercepat menjadi 630 hari kalender atau lebih cepat 3 bulan dari kontrak pekerjaan awal. Percepatan waktu pelaksanaan pekerjaan dapat menghasilkan nilai tambah berupa efisiensi biaya tidak langsung bagi kontraktor pelaksana yang berasal dari penghematan biaya tidak langsung sebesar Rp 1.190.000.000,00 dari budgeting awal anggaran pelaksanaan proyek. Kata Kunci: risiko, percepatan, waktu, efisiensi, biaya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:03
Last Modified: 25 Jul 2024 06:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34734

Actions (login required)

View Item View Item