HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SD NEGERI TLOGOSARI KULON 06 SEMARANG

Lutfiani, Arintia Adhe (2015) HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SD NEGERI TLOGOSARI KULON 06 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Anak usia sekolah dasar merupakan salah satu kelompok yang rentang terhadap masalah ketidakcukupan gizi karena pada usia ini anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga membutuhkan lebih banyak asupan zat gizi. Status gizi dan pola kebiasaan sarapan yang baik pada anak akan berdampak pada kecerdasan serta konsentrasi yang baik pula. Status gizi berpengaruh besar terhadap tingkat kecerdasan anak dan kemampuan anak dalam menerima pelajaran dikelas, sehingga anak yang mempunyai status gizi baik lebih mudah dalam memahami suatu pelajaran dan memperoleh prestasi yang baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak di Sd Negeri Tlogosari Kulon 06 Semarang. Metode : Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tlogosari Kulon 06. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah cross sectional. Pengumpulan data menggunakan status gizi diukur dengan indeks BB/TB yang dikonversikan ke dalam z-score, kuesioner kebiasaan sarapan pagi dan nilai ulangan yang dilakukan siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dengan kriteria inklusi dan didapatkan jumlah responden 120 orang. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus Spearman. Hasil : berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 120 responden penelitian, didapatkan hasil hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak p value sebesar 0,000 (p value <0,05), yang menunjukkan bahwa nilai korelasinya bermakna dan nilai kekuatan korelasi lemah dengan arah korelasi positif (r : 0,383) dan hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak p value sebesar 0,02 (p value <0,05), yang menunjukkan bahwa nilai korelasinya bermakna dan nilai kekuatan korelasi lemah dengan arah korelasi positif (r : 0,279). Simpulan : Ada hubungan antara status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak di SD Negeri Tlogosari Kulon 06 Semarang. Kata Kunci : Hubungan, Status Gizi, Kebiasaan Sarapan Pagi, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Users 725 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2016 07:25
Last Modified: 19 Feb 2016 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item