PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM DAN SiLPA TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Empiris pada Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 – 2022)

Hidayah, Nurul (2023) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM DAN SiLPA TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Empiris pada Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 – 2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401700275_fullpdf.pdf

Download (892kB)
[img] Text
Akuntansi_31401700275_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama dalam otonomi daerah tidak lain dengan memerhatikan kepentingan dan aspirasi yang tumbuh dalam masyarakat. Hakikat desentralisasi fiskal untuk memenuhi aspirasi daerah dalam hal pengelolaan sumber keuangan negara, akuntabilitas dan transparansi pemerintah daerah, meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam proses pembangunan daerah, mengurangi ketimpangan antar daerah, menjamin terselenggaranya pelayanan publik minimum di setiap daerah, dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahterahaan masyarakat secara umum. Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan analisis regresi panel dengan empat variabel independen yaitu Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran dengan satu variable independent yaitu Belanja Modal. Sampel yang digunakan 175 sampel observasi, penelitian menggunakan regresi Pooled Least Square untuk menganalisa pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah periode 2018 hingga 2022. Penelitian ini menunjukkan bahwa PAD, DBH dan DAU berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal, Sedangkan Variabel SiLPA berpengaruh negative signifikan terhadap Belanja Modal Kata Kunci : Belanja Modal. PAD, DBH, DAU,SiLPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:29
Last Modified: 22 Jul 2024 06:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34666

Actions (login required)

View Item View Item