PENGARUH PEMBERIAN GEL SECRETOME HIPOKSIA MESENCHYMAL STEM CELL (SH-MSCs) TERHADAP EKPRESI GEN IL-10 DAN STAT-3 (Studi Eksperimental In Vivo pada Luka Superfisial yang Terinfeksi Bakteri Staphylococcus aureus)

Maharani, Ida Ayu (2024) PENGARUH PEMBERIAN GEL SECRETOME HIPOKSIA MESENCHYMAL STEM CELL (SH-MSCs) TERHADAP EKPRESI GEN IL-10 DAN STAT-3 (Studi Eksperimental In Vivo pada Luka Superfisial yang Terinfeksi Bakteri Staphylococcus aureus). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Biomedik_MBK2118010258_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Biomedik_MBK2118010258_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Latar belakang: Luka superficial pada kulit yang terinfeksi yaitu infeksi yang terjadi di permukaan kulit epidermis (superficial) dan telah terkontaminasi oleh mikroorganisme patogen seperti Staphylococcus aureus dapat menyebabkan terbentuknya Reactive Oxygen Species (ROS) akibat respon stres oksidatif. SH- MSCs dapat menghambat respon inflamasi melalui peningkatan ekspresi IL-10 dan STAT 3 pada tikus luka superfisial. Tujuan: Membuktikan gel Secretom Hipoksia Mesenchymal Stem Cell (SH-MSCs) terhadap ekspresi gen IL 10 dan STAT 3 pada luka superfisial yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus. Metode: Penelitian eksperimental in vivo dengan post test control group. Kelompok K2, K3, P1 dan P2 tikus model infeksi superfisial yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kelompok K1 kelompok sehat. Pada K2 sebagai kontrol negatif (perlakuan 100 mg base gel), K3 sebagai kontrol positif (Tikus model Infeksi Superfisial dengan perlakuan pemberian gentamicin topical), sedangkan P1 (Tikus model Infeksi Superfisial dengan pemberian gel SH-MSCs dosis 25%) dan P2 Tikus model Infeksi Superfisial dengan pemberian gel SH- MSCs dosis 50%). Ekspresi gen IL-10 dan STAT 3 diuji menggunakan uji Mann Whitney Test. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi terdapat perbedaan gen IL-10 pada kelompok P1 sig. (p = 0,048) dan P2 sig. (p = 0,000) dibanding K2, serta terdapat perbedaan pada ekspresi gen STAT3 kelompok P1 dan P2 dibanding K3 sig. (p = 0,000) setelah diberikan perlakuan. Kesimpulan: Pemberian gel Secretom Hipoksia Mesenchymal Stem Cell (SH- MSCs) berpengaruh meningkatkan ekspresi gen IL 10 dan STAT 3 pada luka superficial yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus. Kata Kunci: Sel Punca Mesenkimal, Hipoksia, Ekspresi gen IL-10, Ekspresi gen STAT3.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:27
Last Modified: 18 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34607

Actions (login required)

View Item View Item