UJI AKTIVITAS ANTI TIROSINASE EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN (Artocarpus Altilis) DENGAN METODE EKSTRAK REMASERASI (Studi Eksperimental Aktivitas Anti Tirosinase pada Daun Sukun)

Aurelia, Neysa Regina (2024) UJI AKTIVITAS ANTI TIROSINASE EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN (Artocarpus Altilis) DENGAN METODE EKSTRAK REMASERASI (Studi Eksperimental Aktivitas Anti Tirosinase pada Daun Sukun). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000133_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000133_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Tingginya angka kejadian hiperpigmentasi berdampak secara langsung terhadap tingginya pemakaian produk pencerah kulit. Daun sukun mengandung flavonoid dan ekstraknya mempunyai aktivitas anti tirosinase. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas anti tirosinase ekstrak daun sukun dengan pelarut etanol 70% sebagai bahan pencerah kulit. Penelitian eksperimental in vitro ini dilakukan berbahan dasar daun sukun yang telah di ekstraksi menggunakan metode remaserasi. Kadar ekstrak etanol daun sukun pada penelitian ini yaitu 2%, 4%, 6%, 8%, dan 10%. Aktivitas anti tirosinase dilihat dari nilai IC50 pada ekstrak etanol daun sukun, apabila nilai IC50 <1.000 ppm maka berpotensi menghambat enzim tirosinase dan sebagai bahan pencerah kulit. Pengujian anti tirosinase pada vitamin C sebagai kontrol positif juga dilakukan dengan cara yang sama dengan ekstrak etanol daun sukun, namun pada vitamin C menggunakan konsentrasi 0,5%, 1%, 1,5%, 2%, dan 2,5%. Hasil skrining fitokimia dapat diketahui bahwa ekstrak etanol daun sukun mempunyai kandungan flavonoid, saponin, tannin, dan alkaloid. Ekstrak etanol daun sukun (artocarpus altilis) mempunyai aktivitas anti tirosinase dengan rerata nilai IC50 sebesar -1,6786 ppm. Sementara itu rerata nilai IC50 vitamin C sebagai kontrol positif sebesar 113,0948 ppm. Artinya vitamin C memiliki aktivitas dalam menghambat enzim tirosinase dengan kuat. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun sukun dengan pelarut etanol 70% terhadap kecerahan kulit berkemungkinan efektif sebagai bahan pencerah kulit. Kata Kunci: ekstrak daun sukun, anti tirosinase, vitamin C, pencerah kulit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:07
Last Modified: 18 Jul 2024 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34593

Actions (login required)

View Item View Item