HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN (Studi Observasional terhadap Anak Usia Sekolah Dasar)

Nurkhasanah, Melia Berlin (2024) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN (Studi Observasional terhadap Anak Usia Sekolah Dasar). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000111_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000111_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Obesitas merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan penumpukan lemak berlebihan. Salah satu penyebab obesitas adalah rendahnya aktivitas fisik. Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin memiliki kegiatan pembelajaran mulai dari Senin sampai Sabtu dengan sistem full day school karena kurikulumnya berbasis Islam Terpadu (IT) dan pelajaran olahraga diadakan seminggu sekali. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan obesitas pada anak usia Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin di kecamatan Genuk. Penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional dengan variable bebas (aktivitas fisik) dan variable terikat (obesitas). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin dengan teknik sampling yang digunakan total sampling siswa kelas empat dan lima. Aktivitas fisik nak dinilai dengan menggunakan kuisioner yang terdiri dari 7 pertanyaan dan diklasifikasikan 3 kategori aktivitas fisik ringan, sedang, dan berat. Obesitas anak diukur berdasarkan Indeks Massa Tubuh. Analisa data menggunakan koefisien kontingensi. Hasil penelitian mendapatkan terdapat 44 anak kurus, 16 anak normal, 3 anak gemuk, 13 anak obesitas tingkat 1, dan 1 anak obesitas tingkat 2. Hasil analisis hubungan aktivitas fisik kejadian didapatkan nilai p 0,04 (p<0,05). Data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa didapatkan hubungan bermakna antara aktivitas fisik dengan obesitas. Kata Kunci : Aktivitas Fisik, Obesitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:39
Last Modified: 17 Jul 2024 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34587

Actions (login required)

View Item View Item