PENGARUH SERUM DAUN SUKUN (Artocapus Altilis) TERHADAP JUMLAH MELANIN EPIDERMIS KULIT MARMUT (Studi Eksperimental pada Marmut Jantan yang Diinduksi UVB)

Hapsari, Arzalia (2024) PENGARUH SERUM DAUN SUKUN (Artocapus Altilis) TERHADAP JUMLAH MELANIN EPIDERMIS KULIT MARMUT (Studi Eksperimental pada Marmut Jantan yang Diinduksi UVB). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000031_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)

Abstract

Hiperpigmentasi merupakan permasalahan kulit karena produksi melanin yang berlebih, sehingga berwarna kegelapan dan dapat disebabkan karena sinar ultraviolet B (UVB). Daun Sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid sebagai antioksidan dan inhibitor enzim tirosinase untuk mencegah pembentukan melanin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian serum ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) pada jumlah melanin epidermis pada marmut. Jenis penelitian eksperimental post-test only group design, dengan jumlah sampel 30 ekor marmut jantan yang dibagi menjadi 5 kelompok secara acak, yaitu kelompok kontrol Sham (KS) yang tidak diberi perlakuan, kelompok kontrol negatif (KN) yang hanya diberi basis serum dan dilakukan paparan sinar UVB, serta kelompok (KP 1, KP 2, KP 3) yang diberi serum ekstrak daun sukun dengan konsentrasi masing-masing 2%, 4%, dan 6% pada 20 menit sebelum dan 4 jam setelah paparan sinar UVB. Perlakuan dilakukan selama 28 hari, pada hari ke-30 dilakukan pembuatan preparat histopatologi kulit marmut. Hasil rerata jumlah melanin kulit marmut pada kelompok KS (18x106), KN (19x106); KP 1 (5x106); KP 2 (4x106); KP 3 (6x106). Uji One Way Anova diketahui terdapat perbedaan signifikan antar kelompok (p<0,05). Signifikan dibuktikan dengan uji Post Hoc LSD bahwa semua kelompok memiliki perbedaan signifikan kecuali antara kelompok sham dengan kontrol negatif, perlakuan 1 dengan perlakuan 2, perlakuan 1 dengan perlakuan 3, dan perlakuan 2 dengan perlakuan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serum ekstrak daun sukun (Artocapus altilis) berpengaruh terhadap jumlah melanin pada kulit marmut yang dilakukan paparan sinar UVB. Kata kunci: Daun Sukun (Artocapus Altilis), Melanin, UVB, Antioksidan, Hiperpigmentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:25
Last Modified: 17 Jul 2024 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34569

Actions (login required)

View Item View Item