HUBUNGAN TERAPI MUROTTAL SURAH AR-RAHMAN DAN RELAKSASI NAFAS DALAM (DEEP BREATHING) TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG

ARUM, OVITA RIZKI (2024) HUBUNGAN TERAPI MUROTTAL SURAH AR-RAHMAN DAN RELAKSASI NAFAS DALAM (DEEP BREATHING) TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kebidanan_32102200073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
Kebidanan_32102200073_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kualitas tidur Ibu hamil merupakan keadaan yang dibutuhkan oleh ibu hamil khususnya pada trimester III. Kualitas tidur Ibu hamil dapat ditingkatkan dengan terapi non farmakologi dengan pemberian terapi murottal surah Ar-Rahman dan relaksasi nafas dalam (deep breathing). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Terapi Murottal Surah Ar-Rahman dan Relaksasi Nafas Dalam (Deep Breathing) Terhadap Kualitas Tidur Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Jenis penelitian yang doigunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental dengan rancangan One Group Pre-test-Post-test Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden dan pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner PSQI. Metode analisis menggunakan Uji T-Dependent. Hasil Uji T-Dependent diperoleh Sig.0.000 bahwa ada hubungan pemberian terapi murottal surah Ar-Rahman dan relaksasi nafas dalam (deep breathing) terhadap kualitas tidur ibu hamil (p-value=0.000<0.05). Diharapkan Ibu hamil dapat meningkatkan kualitas tidurnya salah satunya dengan menerapkan terapi terapi murottal surah Ar-Rahman dan relaksasi nafas dalam (deep birthing). Kata kunci : Kualitas Tidur Ibu Hamil, Terapi Murottal Surah Ar-Rahman Dan Relaksasi Nafas Dalam (Deep Breathing)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:09
Last Modified: 05 Jul 2024 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34542

Actions (login required)

View Item View Item