PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurrizka, Thania Wahyu (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000112_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000112_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada penggunaan metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS. Keterbatasan metode dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas membuat peserta didik merasa bosan terutama di SD Negeri Pucangrejo, hal ini membuat hasil belajar peserta didik khususnya di kelas IV SD Negeri Pucangrejo pada mata pelajaran IPAS menjadi kurang maksimal hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton peserta didik pun tidak aktif saat pembelajaran berlangsung tentunya hal ini mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Pucangrejo yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pre-experimental design ranah one group pretest-posttest design. Populasi dengan sampel yang sama yaitu menggunakan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pucangrejo dengan jumlah 28 siswa. Berdasarkan analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test, maka diperoleh hasil pengujian data Lower dan Upper bernilai negative atau Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan metode outdoor study. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri Pucangrejo. Kata kunci : Metode Outdoor Study, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:29
Last Modified: 07 Jun 2024 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34523

Actions (login required)

View Item View Item