PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAKREJO 02

Fatmawati, Siska (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAKREJO 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
34302000110_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu potensi yang harus dilakukan setiap manusia khususnya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningakatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian awal menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 menghadapi masalah dalam kemampuan berpikir kritis, khususnya pada mata pelajaran IPAS. Adapun tujuan lain dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui apakah keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan desain Pretest Posttest Control Group. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional . Hasil penelitian yang telah dilakukan uji normalitas pada pretest – posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Dari hasil posttest kelas eksperimen output SPSS pada kolom sig. yang bernilai yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis paired sample t test diperoleh pada kolom sig. (2-tailed) < α (0.05) menunjukkan terdapat pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share terhadap keamampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Think Pair Share, Berpikir Kritis, IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 00:58
Last Modified: 06 Jul 2024 00:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34522

Actions (login required)

View Item View Item