ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 01 SONOKULON

Ramadhanti, Anggi (2024) ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 01 SONOKULON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000096_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000096_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap matematika materi pecahan merupakan pelajaran yang menantang dan menakutkan. Hal itu dipengaruhi oleh lingkungan belajar siswa yang kurang mendukung, dibuktikan dari keluhan guru mengenai kesulitan dalam memahami materi pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 13 siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kondisi lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman siswa khususnya materi pecahan. (2) faktor fisik, faktor sosial, faktor psikolo gi sangat berdampak pada siswa dibuktikan bahwa kemampuan dasar matematika siswa masih cukup rendah. (3) Proses pembelajaran menggunakan metode ceramah. (4) Upaya untuk mengatasi pembelajaran matematika materi pecahan perlu adanya penggunaan media/alat pembelajaran yang mendukung. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Matematika, Materi Pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:18
Last Modified: 06 Jul 2024 01:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34516

Actions (login required)

View Item View Item