PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD N 1 PANGGANG

Sabila, Adinda Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD N 1 PANGGANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000093_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000093_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Penggunasn model pembelajaran konvensional pada materi karangan narasi mengakibatkan siswa cenderung pasif tidak terlibat dalam proses pembelajaran sehingga keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model CIRC tehadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode ekspirmen dengan jenis pre-experimental One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 1 Panggang sebanyak 24 siswa dengan teknik total sampling. Hasil uji analisis data akhir menggunakan uji paired sampel t-test menyatakan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya pada penelitian ini terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan narasi antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe coopetive integrated reading and composition. Hal ini juga didukung dengan didapatkannya rata-rata nilai pretest yaitu 48,58 dan posttest yaitu 80,04 sehingga keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD N 1 Panggang sebelum dan sesudah perlakuan sebesar memiliki peningkatan sebesar 31,45 dan telah memenuhi KKM. Kata Kunci : Cooperative Integrated Reading and Composition, Keterampilan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:36
Last Modified: 07 Jun 2024 03:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item