Bela, Ulfa Salsa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000083_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000083_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
Abstract
Berpikir kritis adalah tahap lebih lanjut dari berpikir sederhana dan menggunakan banyak proses yang lebih kompleks. Model pembelajaran adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir peserta didik kelas IV sekolah dasar SDN Batu 2 karena berdasarkan observasi lapangan kemampuan berpikir kritis mereka masih rendah. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian adalah tes dengan bentuk soal uraian. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian memperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian tersebut ditunjukkan oleh hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 jadi H0 ditolak atau H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:39 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34511 |
Actions (login required)
View Item |