ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS V SDN TUNGGU

Mutakhifah, Siti (2024) ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS V SDN TUNGGU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000077_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000077_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan kesalahan matematika siswa berdasarkan Teori Newman di SDN Tunggu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika materi pecahan dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi pecahan berdasarkan Teori Newman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN Tunggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat tinggi 10 %, kemampuan pemecahan masalah tinggi 16 %, kemampuan pemecahan masalah cukup 21 %, kemampuan pemecahan masalah rendah 32 %, kemampuan pemecahan masalah sangat rendah 21 %. (2) dalam menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan pemecahan pemecahan masalah matematika berdasarkan Teori Newman peneliti mengambil 2 subjek siswa dalam setiap kategorinya dengan hasil sebagai berikut: kesalahan membaca soal 11 %, kesalahan memahami soal 61 %, kesalahan transformasi 14 %, kesalahan proses 28 %, kesalahan penulisan jawaban akhir 67 %. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Analisis Kesalahan, Tahapan Newman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:23
Last Modified: 06 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34509

Actions (login required)

View Item View Item