Kedaton, Sekar Ayu (2024) EFIKASI DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA DALAM ASPEK KOGNITIF SISWA DISLEKSIA KELAS VI DI SD NEGERI PESURUNGAN KIDUL 2 KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000075_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000075_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada efikasi diri dan perhatian orang tua dalam aspek kognitif siswa disleksia kelas VI di SD Negeri Pesurungan Kidul 02 Kota Tegal. Bagaimanakah sebenarnya efikasi diri dan perhatian orang tua dalam aspek kognitif siswa dengan disleksia serta factor pendukung dan penghambatnya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara umum adalah “untuk memperoleh peningkatan dalam aspek kognitif melalui keyakinan dan kepercayaan diri serta perhatian orang tua”. Subjek penelitiannya adalah satu Siswa Disleksia kelas VI di SD Negeri Pesurungan Kidul 02 Kota Tegal TA 2023/2024. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan tingkat efikasi diri siswa dengan disleksia yang rendah dan kurang nya perhatian dari orang tua terhadap pola asuh sehingga siswa dapat mengalami disleksia. Faktor yang mempengaruhi yaitukesehatan mental, kemampuan kognitif, faktor lingkungan, keterlambatan pembelajaran. Faktor yang menghambat yaitu kesulitan membaca, kesulitan menulis, stigma dan rendahnya percaya diri, kurangnya akses terhadap sumber daya, dan kurangnya dukungan. Kata Kunci :Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua , Siswa Disleksia, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:29 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34508 |
Actions (login required)
View Item |