Rosyada, Sania Amrina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS DI KELAS V SDN 3 WORO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000074_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000074_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
Abstract
Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar diperlukan adanya sesuatu yang baru yang dapat membuat pembelajaran lebih aktif dan juga menyenangkan. Salah satunya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dibantu dengan media berupa Question Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS Di Kelas V SDN 3 Woro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control grup. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas eksperimen di SDN 3 Woro dan 15 siswa kelas kontrol di SDN Jatisari. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik tes kognitif berupa soal uraian. Uji hipotesis menggunakan uji t paired sample test dan uji t-independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaraan TGT berbantuan media question card terhadap kemampuan berpikir kritis dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 80,333 dan kelas kontrol 74,333. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Team Game Tournament
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 04:21 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 04:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34507 |
Actions (login required)
View Item |