PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 RINGINPITU

Amalia, Melinda (2024) PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 RINGINPITU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000053_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000053_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Melinda Amalia. 2024.Pengaruh Model Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) berbantuan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 1 Ringinpitu, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I : Jupriyanto, S.Pd, M.Pd Pembimbing II : Nuhyal Ulia, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini untuk mengetahui tujuan dari pengaruh model pembelajaran team games tournament (TGT) berbantuan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Ringinpitu. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan desain penelitian yang digunakan ialah pre-eksperimental design dengan jenis one-group pretest posttest, sedangkan instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda dan uji tingkat kesukaran. Sampel pada penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas IV SD 1 Ringinpitu. Hasil penelitian yang telah diuji dari data yang diperoleh dengan nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai posttest (92) dan nilai pretest (56, 889), hal ini menunjukkan bahwa data pretest dan posttest memiliki peningkatan yang artinya berdistribusi normal. Dari data hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan nilai lower dan upper memiliki nilai yang negatif, nilai upper sebesar -17.772 dan nilai lower sebesar -26. 784. Selain itu, data yang diperoleh dari nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 yang kurang dari α = 0,05. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran tim games turnamen TGT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada uji gen ternomalisasi berdasarkan dari data 18 siswa. Kata Kunci : Model Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar Kognitif, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:05
Last Modified: 11 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34496

Actions (login required)

View Item View Item