PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA JARIMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CAMPURAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 01

Trisyandi, Mega (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA JARIMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CAMPURAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000052_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran berbantukan media belajar terhadap hasil belajar kognitif pemahaman konsep siswa. Kurangnya variasi dan inovasi guru dalam mengajar dan kurangnya penggunaan sumber dan media belajar serta kurang ketelitian siswa dalam memahami soal berbentuk cerita pada jenjang sekolah dasar terkhusus pada mata pelajaran matematika. Tujuan utama dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbantuan media jarimatika pada materi operasi hitung bilangan campuran terhadap pemahaman konsep kelas IV SD Negeri Karangroto 01. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan jenis Desain One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 30 siswa kelas IV SD Negeri Karangroto 01. Hasil dari penelitian berupa nilai Pretest dan Posttest yang telah diuji normalitas berdistribusi normal. Dilihat dari hasil Pretest sig. yang bernilai 0,200 >α (0,05) yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil Posttest sig. yang bernilai 0,252 >α (0,05) yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,000. Jika sig. (2-tailed) 0,000 >α (0,05) maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari model pembelajaran Inkuiri berbantuan media jarimatika pada materi operasi hitung bilangan campuran terhadap pemahaman konsep kelas IV SD Negeri Karangroto 01 dan pada uji Gain Ternormalisasi berdasarkan data ada 15 siswa hasil belajarnya meningkat kategori tinggi, dan 15 siswa meningkat kategori sedang. Kata Kunci: Inkuiri, Jarimatika, Hasil Belajar Kognitif pemahaman konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 06:21
Last Modified: 06 Jul 2024 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34495

Actions (login required)

View Item View Item