PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS DI KELAS IV SDN KEDUNGUTER

AHSAN, LUBAB (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS DI KELAS IV SDN KEDUNGUTER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000050_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar diperlukan adanya sebuah inovasi baru yang bisa membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas adalah model pembelajaran quantum learning. Model pembelajaran quantum learning menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dan memudahkan proses pembelajaran, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat memaksimalkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap prestasi belajar IPAS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN Kedunguter berjumlah 64 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen quasi eksperimental desaign dan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil dari analisis data penelitian yang telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas pada pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji independent sample t test posttest menunjukkan bahwa sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis paired sampe t test nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:22
Last Modified: 07 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34494

Actions (login required)

View Item View Item