PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA DI SD NEGERI 2 PONCOREJO KENDAL

Wijayanti, Istiana (2024) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA DI SD NEGERI 2 PONCOREJO KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000045_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua dalam keluarga Tenaga Kerja Indonesia terhadap perkembangan sosial emosional siswa di SD Negeri 2 Poncorejo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimen, dengan design penelitian Expost Facto. Sampel diambil menggunakan teknik Non Probability Sampling tepatnya Purposive Sampling dari populasi 121 siswa diambil sebanyak 48 siswa. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai angket pola asuh orang tua dan angket perkembangan sosial emosional siswa berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier yang menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari nilai understandardized constanta sebesar 46,660 dan nilai understandardized pola asuh orang tua 0,810 keduanya bernilai positif. Prosentase besarnya pengaruh pola asuh orang tua di uji menggunakan uji koefisien determinasi yang menunjukkan nilai R square 0,241. Simpulannya ialah bahwa pola asuh orang tua dalam keluarga tenaga kerja Indonesia berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional siswa sebesar 24,1% sedangkan sisanya, perkembangan sosial emosional siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor lain yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional yaitu: faktor hereditas, lingkungan, jenis kelamin, serta kondisi fisik-psikis siswa. Kata Kunci: Pola Asuh, Perkembangan Sosial Emosional Siswa, Tenaga Kerja Indoneisa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:42
Last Modified: 07 Jun 2024 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34492

Actions (login required)

View Item View Item