EFEKTIVITAS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS GAME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI 2 GABUSAN

Moliana, Eva (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS GAME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI 2 GABUSAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000032_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada efektivitas pendekatan etnomatematika berbasis game terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Negeri 2 Gabusan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pendekatan etnomatematika berbasis game efektif dan dapat memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal pada pemahaman konsep perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Negeri 2 Gabusan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, desain Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel yang digunakan siswa kelas III SD Negeri 2 Gabusan berjumlah 11 siswa dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian melalui tes dengan teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran. Teknik analisis data dengan uji prasyarat (normalitas) dan uji syarat (paired sample t-test, gain ternormalitas, one sample t-test). Hasil penelitian SPSS menujukan data berdistribusi normal dan uji paired sample t test bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < α = 0,05, Ho ditolak dan Ha diterima, uji gain diperoleh hasil adanya peningkatan 0,589 dengan kategori sedang, uji one sample t test bahwa thitung bernilai 1,649 sedangkan ttabel bernilai 2,228 berarti thitung > -ttabel, Ho diterima. Dari ketiga uji disimpulkan pendekatan etnomatematika berbasis game efektif dan memenuhi KKM pada pemahaman konsep perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Negeri 2 Gabusan. Kata Kunci: Pendekatan Etnomatematika, Pemahaman Konsep, Perkalian dan Pembagian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:41
Last Modified: 07 Jun 2024 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34489

Actions (login required)

View Item View Item