PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA LIMBAH PLASTIK TERHADAP KEMAMPUAN ECOLITERACY SISWA

Maharani, Aulia Pramesti Regita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA LIMBAH PLASTIK TERHADAP KEMAMPUAN ECOLITERACY SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000019_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan pemahaman ekologi siswa. Terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran yang mana pembelajaran belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran kurang efektif dan efisien dalam menumbuhkan pemahaman ekologi siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya solusi dengan menerapkan model pembelajaran think talk write yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media limbah plastik terhadap kemampuan ecoliteracy siswa kelas V SD Negeri Sriwulan 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental jenis Nonquivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 37 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu menjadikan seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar soal pilihan ganda pretest dan posttest. Berdasarkan uji normalitas pada pretest dan posttest, diperoleh rata-rata pemahaman ekologi siswa (pretest) sebesar 54,72 dan setelah siswa diberi treatment, hasil rata-rata posttest sebesar 94,44. Dari hasil rata-rata yang diperoleh diperkuat dengan uji paired sample t test yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,005 . Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media limbah plastik terhadap kemampuan ecoliteracy siswa kelas V SD Negeri Sriwulan 01. Kata Kunci: think talk write, ecoliteracy, limbah plastik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:27
Last Modified: 09 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34482

Actions (login required)

View Item View Item