ANALISIS VERBAL ABUSE TEMAN SEBAYA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DOKORO KABUPATEN GROBOGAN

Vitorio, Antoni (2024) ANALISIS VERBAL ABUSE TEMAN SEBAYA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DOKORO KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000018_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis pola verbal abuse teman sebaya di sekolah dasar negeri 2 dokoro kabupaten Grobogan. 2) menganalisis dampak yang ditimbulkan dari verbal abuse teman sebaya di sekolah dasar negeri 2 dokoro kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitin studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini menemukan beberapa bentuk pola verbal abuse yang dilakukan oleh teman sebaya di sekolah dasar negeri 2 dokoro kabupaten Grobogan antara lain, 1) pola mempertahankan diri, pola ini terjadi disaat pelaku berada dalam situasi yang tidak aman sehingga pelaku melakukan verbal abuse dengan tujuan membela dirinya. 2) kurangnya empati, pola ini terjadi dikarenakan pelaku verbal abuse kurang empati dan acuh terhadap apa yang terjadi dan akan terjadi dengan lingkungan sekitarnya. 3) mencari perhatian, pola ini terjadi karena pelaku ingin mendapatkan sebuah perhatian atau attention dari korban ataupun lingkungannya. Dalam penelitian ini juga menemukan dampak yang ditimbulkan dari verbal abuse teman sebaya antara lain, 1) dampak psikologis, dampak yang dirasakan siswa adalah, menjadi beban fikiran, motivasi siswa menjadi menurun, takut bertemu pelaku. 2) dampak hubungan sosial,dampak yang dirasakan siswa antara lain menjadi kurang percaya diri, malas bersosialisasi, menarik diri dari lingkungan, cenderung diam di sekolah. 3) dampak akademik, dampak ini membuat hasil prestasi menurun. Kata kunci: perundungan ,verbal abuse, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:56
Last Modified: 07 Jun 2024 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34481

Actions (login required)

View Item View Item