PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS III SDN PURWOSARI 1

Annafis, Adillatul Wafa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS III SDN PURWOSARI 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000009_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PPKn siswa kelas III SDN Purwosari 1. Desain Penelitian yang digunakan yaitu Pre Experimental Designs dengan bentuk On-Group Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan yaitu tes, dimana peneliti memberikan pretes dahulu kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dan postes setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas III SDN Purwosari 1 yang berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, sehingga sampel menggunakan seluruh siswa kelas III SDN Purwosari I. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh yang signifikan, dilihat dari hasil uji prasyarat (uji normlitas) yang memperoleh hasil, untuk uji normalitas data awal (pretes), nilai sig sebesar 0,624 dan normalitas data akhir (postes) nilai sig sebesar 0,522. Sehingga dari hasil tersebut tergolong pada nilai sig>0,005 yang menunnjukan bahwa data berkontribusi normal. Selain itu dilihat juga dari uji syarat yaitu uji paired sample t-test, yang memperoleh nilai sig sebesar <0,001. Hal ini menunjukkan bahwasannya nilai sig <0,05. Dengan demikian H_O ditolak dan H_a diterima. Sehingga disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PPKn siswa kelas III SDN Purwosari 1. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKn, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:23
Last Modified: 06 Jun 2024 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34475

Actions (login required)

View Item View Item