Royani, Ida (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERAHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGMUTIH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000008_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000008_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar. Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan video animasi terhadap prestasi belajar IPAS, juga untuk mengetahui ketuntasan KKM prestasi belajar IPAS siswa setelah diterapkan model pembelajaran scramble berbantuan video animasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif jenis Pre-Exprimentasl Design dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kedungmutih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Hasil uji hipotesis I menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < α 0,05 artinya terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan video animasi. Hasil uji ¬N-gain sebesar 0,58 yang menunjukan peningkatan pada taraf sedang. Hasil uji Hipotesis II menunjukan bahwa t hitung > -t tabel yakni (5,292 > -2,101), yang berarti prestasi belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Kedungmutih sudah memenuhi KKM. Kata kunci : Scramble, Video Animasi, Prestasi Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:43 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34474 |
Actions (login required)
View Item |