PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SARIREJO 2

Foureen, Febrisya Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SARIREJO 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000004_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan media konkret terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data di kelas V SDN Sarirejo 2. Penelitian ini berbentuk pre-eksperimental design one-group pretest-posttest design menggunakan menggunakan teknik sampling jenuh dan nonprobability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 2 sebanyak 15 siswa. Instrument dalam penelitian berupa soal tes berbentuk esai yang terdiri dari 5 soal untuk pretest dan 5 soal untuk posttest. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan rata-rata yang diperoleh dari hasil pretest dan postest. Rata-rata sebelum diberi perlakuan (pretest) 53, sedangkan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sesudah diberi perlakuan (posttest) memperoleh nilai 85. Selain itu, semua siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 2 telah mencapai keriteria ketuntasan minimal yaitu dengan mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 75. Berdasarkan uji paired t-test diperoleh hasil sig = 0,00 karena sig (2-tailed) < α atau 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak atau H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika setelah menggunakan Model ARIAS berbantuan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 2. Kata Kunci: Model pembelajaran ARIAS, Pengaruh, Matematika, Kemampuan pemecahan masalah, Media konkret

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:32
Last Modified: 11 Jul 2024 01:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item