Husaini, Ahmad (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS EDUCATIONAL ADVENTURE GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000001_fullpdf.pdf Download (6MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000001_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbasis educational adventure game terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV materi Hak dan Kewajiban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbasis educational adventure game terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design). Berdasarkan hasil uji hipotesis, di SDN 1 Jeketro menunjukkan bahwa nilai thitung = 7.305> ttabel = 2,017 dengan taraf signifikansi 95% dengan a = 0,01. Sedangkan hasil analisis untuk Uji-t pada kelas responden di SDN 1 Saban menunjukkan bahwa nilai thitung = 7.205> ttabel = 2,017 dengan taraf signifikansi 95% dengan a = 0,02. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajraan Value Clarification Technique Berbasis Educational Adventure Game terhadap kemampuan berpikir kritis siswa terdapat pengauh pada mata pelajaran pancasila Kata Kunci : Value Clarification Technique, Educational Adventure Game, dan Pendidikan Pancasila.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 06:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 06:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34470 |
Actions (login required)
View Item |