Puspitasari, Ratna (2024) ANALISIS TINGKAT PENALARAN ALJABAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN LIMIT FUNGSI BERBANTUAN GEOGEBRA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34202000026_fullpdf.pdf Download (9MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34202000026_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
Abstract
Menyelesaikan masalah limit fungsi membutuhkan penalaran aljabar, sehingga penting untuk dilakukan analisis lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penalaran aljabar mahasiswa pada pembelajaran limit fungsi berbantuan GeoGebra. GeoGebra merupakan website untuk memvisualisaikan aljabar salah satunya dalam bentuk grafik. Dalam penelitian ini GeoGebra digunakan untuk membantu mahasiswa dalam memahami pembelajaran limit fungsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penalaran aljabar kepada 23 mahasiswa program studi pendidikan matematika semester satu dan wawancara yang dilakukan terhadap 2 mahasiswa untuk setiap tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes penalaran aljabar mahasiswa dengan kemampuan penalaran aljabar tinggi mampu memenuhi empat dari lima indikator penalaran aljabar. Mahasiswa dengan kemampuan penalaran aljabar sedang mampu memenuhi tiga dari lima indikator penalaran aljabar. mahasiswa dengan kemampuan penalaran aljabar rendah mampu memenuhi dua dari lima indikator penalaran aljabar. Kesamaan dari ketiga tingkat kemampuan adalah belum mampu memenuhi salah satu indikator penalaran aljabar, yaitu solusi yang masuk akal dalam hal menemukan pola, membuat pola, dan menggeneralisasi pola. Kata Kunci: Penalaran Aljabar, Limit Fungsi, GeoGebra, Menggeneralisasi Pola
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:25 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34464 |
Actions (login required)
View Item |