EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA EDUKATIF BALOK RANCANG BANGUN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Rahmawati, Lutfi (2024) EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA EDUKATIF BALOK RANCANG BANGUN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900015_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembeajaran project based learning berbantuan alat peraga edukatif balok rancang bangun terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs Miratul Muslimien Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimen yang dilaksanakan dengan desain one grup pretest-posttest design. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, Tes uraian kemampuan berpikir kreatif matematis Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji pencapaian rata-rata KKM individu, uji ketuntasan klasikal, perbedaan rata-rata pretest dan posttest, terakhir ada uji N-Gain. Hasil setelah penerapan pembelajaran project based learning berbantuan alat peraga edukatif balok rancang bangun ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Uji normalitas data untuk pretest diperoleh sig. = 0,137 > 0,05 maka H_0 diterima, lalu pada posttest sig. = 0,126 > 0,05 maka H_0 diterima, ketika seluruh data sudah normal maka dapat digunakan untuk mencari data yang lain. Uji hipotesis rata-rata KKM Individu menggunakan one sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, jadi terdapat perbedaan rata-rata KKM individu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran project based learning berbantuan alat peraga edukatif balok rancang bangun melebihi dari KKM 70. Hasil uji ketuntasan klasikal dengan statistic Z diperoleh Z_hitung = 3,56054557415 ≥ Z_tabel = 0,6736. Sehingga proporsi siswa mencukupi kriteria pada ketuntasan minimal lebih dari 75%. Oleh karena itu uji perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dari 36,82 meningkat menjadi 85,15. Maka Uji N-Gain diperoleh skor 0,7675 dengan presentase 76,74 % sehingga tergolong kedalam kategori tinggi dan efektif. Kata Kunci : Project based learning, Alat peraga edukatif, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 07:14
Last Modified: 06 Jul 2024 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34463

Actions (login required)

View Item View Item