DAMPAK PELAKSANAAN PELAYANAN KEFARMASIAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Pratiwi, Fakonia Dian (2024) DAMPAK PELAKSANAAN PELAYANAN KEFARMASIAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
33101900019_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah rasa yang dialami oleh pasien ketika menerima pelayanan rasa puas atau tidak puas yang. Dimana kepuasan pasien menjadi suatu faktor paling terpenting dalam pelayanan kefarmasian di IFRS. Tidak sedikit instalasi farmasi yang menerapkan pelayanan berbasis syariah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien di IFRS Islam Sultan Agung Semarag terkait pelayanan farmasi syariah. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan desain penelitian korelasional. Penelitian dengan jenis penelitian observasional statistic dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di IFRS Agung Semarang dengan 375 responden. Hasil penelitian dinyatakan tidak normal. Sehingga, pengujiannya menggunakan uji korelasi spearman, hasil penelitian ini menemukan terdapat hubungan yang cukup antara pelayanan kefarmasian syariah dan kepuasan pasien. Analisis hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan yaitu kepuasan pasien rawat jalan dengan pelayanan kefarmasian syariah, dengan nilai signifikansi 0,00 kurang dari batas signifikansi 0,05. Kesimpulannya pasien rawat jalan banyak pada pasien laki-laki rentang usia 18-30 tahun memiliki pekerjaan karyawan swata yang merupakan pasien dengan rujukan pertama kali. Riwayat penyakit yang banyak diderita adalah penyakit mata dengan obat vitamin yang mana dari pasien sendiri merupakan domisili dari semarang. Hal ini dapat disebabkan karena tempat yang sangat strategis dan RS Islam Sultan Agung Semarang merupakan RS yang memilki pelayanan yang bagus serta pasien yang merasa puas sebesar 98%. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat dapat menggeneralisir pada RS syariah atau RS berbasis islami tidak hanya di RS Islam Sultan Agung Semarang serta dari pihak RS Mempertahankani serta mampu meningkatkani kualitasi pelayanan kefarmasian syariah yang telah diberikan. Kata kunci: pelayanan kefarmasian; pelayanan syariah; kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:42
Last Modified: 04 Jun 2024 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34459

Actions (login required)

View Item View Item