PENGARUH EDUKASI LEAFLET KOSMETIK HALAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KOTA SEMARANG

Darmawan, Darmawan (2024) PENGARUH EDUKASI LEAFLET KOSMETIK HALAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
33102000013_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kosmetik saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi manusia namun, alasan utama pemilihan kosmetik di Indonesia adalah formula yang cocok dengan kulit, sementara kehalalan kosmetik berada pada urutan ke lima. Kurangnya pengetahuan menjadi penyebab utama seseorang tidak memilih kosmetik halal. Pengetahuan akan membentuk sikap atau pandangan seseorang terhadap kosmetik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi leaflet kosmetik halal terhadap pengetahuan dan sikap remaja SMA tentang kosmetik halal di kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan pendekatan Nonequevalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dibagi menjadi dua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Uji yang digunakan adalah uji pengaruh yaitu Paired Sampel T-Test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukan pada kelompok kontrol variabel pengetahuan memiliki sig 0,428 > 0,05 dan variabel sikap memiliki nilai sig 0,875 > 0,05. Sedangkan pada keleompok eksperimen variabel pengetahuan dan sikap memiliki sig 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukan terdapat perbedaan antara kelompok yang tidak diberikan dan diberikan edukasi leaflet komsetik halal. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa edukasi leafet kosmetik halal dapat berpengaruh pada tingkat pengetahuan dan sikap remaja SMA di Kota Semarang. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk membandingkan metode edukasi leaflet kosmetik halal dengan metode edukasi lainnya, sehingga dapat diketahui metode edukasi mana yang lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap kosmetik halal pada remaja SMA. Kata Kunci : Leaflet, Pengetahuan, Sikap, Remaja, Sekolah Menengah Atas (SMA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:36
Last Modified: 04 Jun 2024 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34457

Actions (login required)

View Item View Item