REDESAIN JEMBATAN BETON PRATEGANG GEMPOLSEWU KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL DENGAN MENGGUNAKAN BUILDING INFORMATION MODELLING

Pradana, Sri Dharma Agung and Fakrurrahman, Taufik (2024) REDESAIN JEMBATAN BETON PRATEGANG GEMPOLSEWU KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL DENGAN MENGGUNAKAN BUILDING INFORMATION MODELLING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202200283_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202200283_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Mobilitas atau pergerakan masyarakat semakin meningkat seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Untuk meningkatkan perekonomian diperlukan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan. Dalam menghubungkan wilayah yang terpisah oleh sungai diperlukan sarana infrastruktur pembangunan jembatan agar mobilisasi masyarakat dapat berjalan lancar. Pembangunan jembatan beton prategang di Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal adalah salah satunya. Perkembangan teknologi berpengaruh besar terhadap bidang konstruksi, maka dari itu perencanaan jembatan beton prategang di Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal direncanakan menggunakan teknologi berbasis Building Information Modelling (BIM). Perencanaan jembatan meliputi perencanaan struktur atas, struktur bawah, bangunan pelengkap dan desain perkerasan jalan, serta pemodelan 3D bangunan jembatan. Spesifikasi Jembatan Beton Prategang di Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal adalah jembatan dengan bentang 2x40 meter kelas B klasifikasi Bina Marga, dengan PCI girder 2,1 m, lebar jembatan 7,5 m dengan lebar lantai kendaraan 6 meter, lebar trotoar 2 x 0,5m, kerb 2 x 0,15 m dan railing jembatan. Jembatan direncanakan terdapat abutment pada ujung jembatan serta pilar pada tengah bentang, dan fondasi PC Spun Pile kelas C D60, pilar PC Spun Pile kelas C D100. Analisa struktur pada struktur atas dan bawah dinyatakan aman terhadap gaya aksial, geser, momen dari beban yang diasumsikan. kontribusi tugas akhir ini kedepannya dapat dijadikan referensi penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Beton Prategan; BIM; Jembatan; PCI; Struktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:04
Last Modified: 11 Jul 2024 02:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34435

Actions (login required)

View Item View Item