EVALUASI NILAI PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) (Studi Kasus : Ruas Jalan Nasional Batas Kota Surakarta – Kartasura, KM 0+920 – KM 2+120)

Palwa, Saka Arifa and Prasdianto, Dimas Afif (2024) EVALUASI NILAI PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) (Studi Kasus : Ruas Jalan Nasional Batas Kota Surakarta – Kartasura, KM 0+920 – KM 2+120). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202200282_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202200282_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)

Abstract

Pertumbuhan kendaraan setiap tahun selalu meningkat dengan signifikan yang menyebabkan beban volume jalan juga meningkat. Jalan yang menampung melebihi kapasitas jalan akan mengalami penurunan kualitas jalan. Penurunan kualitas tersebut dapat diketahui dari berbagai indikator, salah satunya dari keadaan permukaan perkerasan jalan dari segi fungsional dan struktural. Untuk mencapai umur layan jalan dibutuhkan evaluasi untuk memahami keadaan jalan yang ditinjau masih baik atau sudah mengalami penurunan. Evaluasi kondisi perkerasan jalan pada Tugas Akhir ini digunakan1metode1PCI (Pavement1Condition1Index), IRI1(International1Roughnes Index), dan program KENPAVE. Ketiga metode tersebut digunakan oleh Bina Marga untuk mengevaluasi suatu kondisi jalan. Data1primer1didapatkan pada1survey langsung di lokasi penelitian, lalu untuk data1sekunder1didapatkan1dari dinas terkait. Hasil penelitian1menunjukan hasil nilai PCI terparah jalur kanan terdapat pada STA 0+970-1+020 dengan nilai PCI 51 “Buruk” dan STA 1+670-1+720 dengan nilai PCI 50 “Buruk”. Kerusakan terparah jalur kiri terdapat pada STA 1+6201+670 dengan nilai PCI 49 “Buruk”, STA 2+020-2+070 dengan nilai PCI 48 “Buruk”, dan STA 1+820-1+870 dengan nilai PCI 38 “Sangat Buruk”. Untuk hasil IRI jalur kanan diperoleh nilai rata-rata 2,48 yang dikategorikan “Baik” dan jalur kiri diperoleh nilai rata-rata 2,38 yang dikategorikan “Baik”. Hasil KENPAVE penunjukan kerusakan rutting dan deformation pada tahun ke-10. Kata Kunci: evaluasi perkerasan; PCI; IRI; KENPAVE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:00
Last Modified: 09 Jul 2024 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34434

Actions (login required)

View Item View Item