Sari, Erlina Novita (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA KARANG JAHE BEACH DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
32801900034_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran apa yang digunakan Objek Wisata Karang Jahe Beach Rembang dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dengan menggunakan paradigma kontruktivisme, peneliti memaparkan data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kritis dengan menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran dan teori penyusunan tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Wawancara mendalam dilakukan bersama dengan informan penelitian yang merupakan Anggota Unit Usaha Bumdes Abimantrana, Pedagang, dan Pengunjung dari objek wisata Karang Jahe Beach Rembang. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan objek wisata Karang Jahe Beach Rembang adalah dengan mengunakan 5 model bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler & Keller yaitu advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, dan public relations. Selanjutnya berdasarkan analisis dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran, peneliti menemukan bahwa objek wisata Karang Jahe Beach Rembang melakukan prosedur-prosedur tindakan serta evaluasi dalam merumuskan strategi komunikasi pemasaran. Berdasarkan temuan peneliti, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh objek wisata Karang Jahe Beach Rembang sudah berjalan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari dampak pemasaran yakni, banyak kunjungan wisatawan yang terpengaruh dengan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh objek wisata Karang Jahe Beach Rembang. Hal tersebut diharapkan mampu membantu objek wisata Karang Jahe Beach Rembang dalam mencapai tujuannya, salah satunya yakni upaya dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Karang Jahe Beach, Kunjungan Wisatawan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:34 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34404 |
Actions (login required)
View Item |