PERBANDINGAN PENGGUNAAN PASIR GUNUNG MERAPI DENGAN PASIR SLAWI TEGAL TERHADAP KARAKTERISTIK MEKANIK BETON SELF COMPACTING CONCRETE (SCC)

Heriansyah, Tegar Fajar and Santoso, Rachmat Faisal (2024) PERBANDINGAN PENGGUNAAN PASIR GUNUNG MERAPI DENGAN PASIR SLAWI TEGAL TERHADAP KARAKTERISTIK MEKANIK BETON SELF COMPACTING CONCRETE (SCC). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202000278_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202000278_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Beton terdiri dari campuran beberapa bahan, termasuk air, agregat kasar, agregat halus, danbahan tambahan. Pasir Gunung Merapi dan pasir Slawi Tegal adalah dua jenis agregat halusyang digunakan dalam penelitian ini. Pasir Gunung Merapi memiliki kualitas tinggi karenapola partikelnya yang bersudut. Pola partikel ini membuatnya lebih kuat terikat pada degansemen. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pasir Slawi Tegal dengan pasir Gunung Merapi berdasarkan sifat mekanik beton. Pembuatan benda uji dilakukan dengan menggunakan beton silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Faktor air semen (FAS) divariasikan menjadi 0.5, dan silica fume digunakan sebagai subsitusi pengganti parsial semen dengan variasi 0%, 7,5%, 10%, dan 12,5%. Penelitian ini menggunakan metode percobaan. Studi ini dilakukan di Laboraterium Teknologi Bahan Konstruksi Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Dalam penelitian ini, agregat (kasar dan halus) dan sifat mekanik beton(kuat tekan) diuji. Dari hasil penelitian didapatkan pada pasir Muntilan dengan variasi silica fume 12,5% memiliki nilai kuat tekan paling besar yaitu 34.647 Mpa, sedangkan pada pasir Slawi dengan variasi 0% miliki kuat tekan paling besar 30,919 Mpa. Hasil tersebut memenuhi dari kuat tekan rencana 25 Mpa. Pada pasir Muntilan penambahan silica fume membuat peningkatan nilai kuat tekan, sedangkan pada pasir Slawi penambahan silica fume membuat penurunan kuat tekan. Kata Kunci : Faktor Air Semen; Karakteristik Mekanik Beton; Pasir Gunung Merapi; Pasir Slawi Tegal; silica fume

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:35
Last Modified: 03 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34401

Actions (login required)

View Item View Item