ANALISIS DAN RENCANA PIPA TRANSMISI AIR BERSIH DARI BENDUNGAN KE IPA (Studi Kasus: Bendungan Banyukuwung Ke IPA Pentil Di Rembang)

Dewi, Vebri Anin Diya Putri and Umah, Maslahatul (2024) ANALISIS DAN RENCANA PIPA TRANSMISI AIR BERSIH DARI BENDUNGAN KE IPA (Studi Kasus: Bendungan Banyukuwung Ke IPA Pentil Di Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202000198_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202000198_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekeringan dan curah hujan rendah sehingga mengakibatkan ketersediaan air yang tidak tercukupi dan kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih yang disebabkan oleh sumur dan mata air yang mengering. Menurut data BMKG Periode 2023, sebagian kecil wilayah Kabupaten Rembang sendiri mengalami kekeringan. Tujuan penelitian ini menganalisis kebutuhan air bersih, merencanakan rute pipa transmisi dan menghitung anggaran biaya yang diperlukan dalam pekerjaan pipa. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan beberapa instansi di kabupaten Rembang. Metode yang digunakan dalam menghitung proyeksi jumlah penduduk Kecamatan Kaliori menggunakan metode geometri. Analisis yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini, diambil dari interpretasi data dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Analisa dalam menentukan rute jaringan pipa transmisi air bersih dari Bendungan Banyukuwung ke IPA Pentil menggunakan software EPANET V2.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyeksi total kebutuhan air pada tahun 2032 sebesar 56,1 liter/detik. Penentuan rute jaringan pipa transmisi menggunakan software EPANET V2.2 dengan panjang pipa 7.184 meter. Pipa yang digunakan yaitu jenis pipa HDPE dengan diameter 12”. Rencana anggaran biaya yang diperlukan pada perencanaan jaringan pipa transmisi sebesar Rp13.120.204.000,00. Kata Kunci: Perencanaan; Jaringan Pipa; Air Bersih: Epanet; Rembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:51
Last Modified: 09 Jul 2024 03:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34380

Actions (login required)

View Item View Item