HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) X KOTA SEMARANG

Amalia, Silvia Citra (2024) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) X KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30702000197_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30702000197_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 36 Semarang yang berjumlah 210 siswa. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala likert yang terdiri dari dua skala. Skala bullying berjumlah 35 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,857 dan skala konformitas teman sebaya berjumlah 32 dengan koefisien reliabilitas 0,917. Uji normalitas dari data perilaku bullying menunjukkan nilai KS-Z sebesar 0,051 dengan taraf signifikansi sebesar 0,200 (p>0,05) dan data konformitas teman sebaya menunjukkan KS-Z sebesar 0,085 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05). Hasil uji linieritas antara variabel perilaku bullying dengan variabel konformitas teman sebaya diperoleh skor Flinier sebesar 74.766 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Uji hipotesis menggunakan teknik analisis Product Moment dengan rxy = 0,514, taraf signifikan sebesar p = 0,000 (p<0,01) yang menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 36 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2024 06:18
Last Modified: 31 May 2024 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item