ANALISA ASPAL WEARING COURSE (AC-WC) MODIFIKASI DENGAN BAHAN TAMBAH FLY ASH (SUBSTITUSI ABU BATU) DAN TANAH (SUBSTITUSI PASIR)

Syahada, Auryn Maida and Aula, Lutfia Khanifatul (2024) ANALISA ASPAL WEARING COURSE (AC-WC) MODIFIKASI DENGAN BAHAN TAMBAH FLY ASH (SUBSTITUSI ABU BATU) DAN TANAH (SUBSTITUSI PASIR). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202000036_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202000036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Indonesia membutuhkan infrastruktur jalan raya berkualitas serta pembangunan merata namun pembangunan infrastruktur saat ini sering terjadi kerusakan sebelum umur rencana. Peneliti melakukan penelitian untuk mendapatkan Job Mix Formula dan stabilitas terbaik dari campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) menggunakan bahan fly ash sebagai substitusi abu batu dan tanah sebagai substitusi pasir. Dikarenakan kandungan silika yang terdapat dalam fly ash, substansi ini menunjukkan kemampuan afinitas yang tinggi dan mampu memperbaiki karakteristik komposit Marshall. Nilai ketidakrataan pada campuran dapat diperbaiki dengan gradasi tanah timbunan yang seragam. Peneliti menggunakan variasi penambahan fly ash dengan presentase 0%, 2%,4%, 6% dan variasi penambahan tanah timbunan dengan presentase 0%,1%, 2%, 3%. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Marshall Test. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil, tanah timbunan pilihan yang sesuai untuk substitusi pasir yaitu pada derah Kapung, Tanggungharjo, Grobogan. Komposisi terbaik terdapat pada modifikasi variasi fly ash 6% dan tanah 1% (F6T1) dengan nilai stabilitas 873,71 kg dan nilai flow 3,23 mm. Kata Kunci: Fly Ash; Tanah; Marshall Test; AC-WC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2024 06:30
Last Modified: 31 May 2024 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34351

Actions (login required)

View Item View Item