PENGARUH SPIRITUAL CARING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Melani, Eva (2023) PENGARUH SPIRITUAL CARING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
30902000001_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kemoterapi termasuk pengobatan kanker servik untuk menghentikan perkembangan sel kanker yang mempunyai efek samping pada kecemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh spiritual caring terhadap tingkat kecemasan pada pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi. Metode : Jenis penelitian ini quasi eksperimental dengan desain pretest-postest without control group menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden 38. Pengumpulan data menggunakan kuesioner HARS. Data diambil sebelum dan sesudah diberikan intervensi kemudian diolah secara statistik menggunakan uji paired t test. Hasil : Hasil penelitian menurut karakteristik adalah mayoritas responden berada di rentang usia 36-46 tahun berjumlah 44,7%, berdasarkan tingkat pendidikan terbanyak berada pada jenjang SD berjumlah 39,5%, berdasarkan pekerjaan responden terbanyak adalah sebagai ibu rumah tangga berjumlah 57,9%, berdasarkan frekuensi kemoterapi responden paling banyak pada rentang 1-3 kali melakukan kemoterapi berjumlah 73,7 %. Hasil penelitian tingkat kecemasan responden sebelum dan sesudah diberikan intervensi didapatkan skor rata-rata 3,29 dan 2,68. Kesimpulan : Ada pengaruh penerapan spiritual caring terhadap tingkat kecemasan pada pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi dengan p value 0,001. Kata Kunci : Tingkat Kecemasan, Kemoterapi, Spiritual Caring Daftar Pustaka : 87 (2018 – 2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2024 02:33
Last Modified: 22 May 2024 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34312

Actions (login required)

View Item View Item