HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU PERAWAT PELAKSANA DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

EFENDI, ALISSA PUTRI (2023) HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU PERAWAT PELAKSANA DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
30902000023_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pendokumentasian asuhan keperawatan merupakan kewajiban bagi perawat yang sangat penting sebagai bukti tanggung jawab dan catatan keperawatan dalam Tindakan keperawatan yang lalai serta dapat dilihat dari kedisiplinan waktu perawat dimana semakin baik disiplin waktu maka semakin baik kinerja pelayanan keperawatan termasuk pendokumentasian asuhan keperawatan. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah korelasi dengan Cross sectional. Populasinya adalah seluruh perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang yang memenuhi kriteria inklusi, besar sampel 108 responden yang diambil dengan menggunakan total populasi. Variabel independen adalah manajemen waktu perawat pelaksana dan variabel dependen nya adalah pendokumentasian asuhan keperawatan. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisa dengan uji korelasi spearman rank dengan ρ value < 0,05. Hasil: Berdasarkan analisa diperoleh bahwa dari 108 responden penelitian, sebagian besar responden berjenis kelamin perenpuan (79,6%), berdasarkan umur responden adalah 31-40 tahun (50,1%), dan berdasarkan pendidikan terakhir sebagian besar berpendidikan DIII Keperawatan yaitu (49,1%). Hasil penelitian juga menunjukkan (78,0%) responden memiliki manajemen waktu yang baik, (22,0%) memiliki manajemen waktu yang cukup. Sebanyak (89,0%) memiliki pendokumentasian asuhan keperawatan yang baik, (11,0%) memiliki pendokumentasian asuhan keperawatan cukup. Simpulan dan Saran: Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara manajemen waktu perawat pelaksana dengan pendokumentasian asuhan keperawatan dengan ρ value = 0,000 (ρ<0,05). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai data informasi dasar dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Kata Kunci: Manajemen Waktu Perawat Pelaksana, Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Daftar Pustaka: 105 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 07:32
Last Modified: 21 May 2024 07:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item View Item