HUBUNGAN PROFESIONALISME PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG KOTA SEMARANG

Sugma, Amalia Anjani (2023) HUBUNGAN PROFESIONALISME PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
30902000024_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Keselamatan atau safety sudah menjadi isu global, termasuk di rumah sakit. Keselamatan pasien saat ini menjadi isu global yang penting untuk segera diatasi karena banyaknya laporan tuntutan pasien atas terjadinya medical error pada pasien dan menuntut rumah sakit agar dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan. Perawat berperan dominan dalam mencegah kesalahan pengobatan, pelaporan kasus insiden, serta memberikan contoh bagi diri sendiri juga orang lain. Dengan Profesionalisme perawat diharapkan mampu untuk bersikap humanis, yaitu memperlakukan pasien selayaknya manusia yang harus diperhatikan. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, dengan rancangan penelitian analitik korelasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan observasi. Jumlah responden sebanyak 108 orang dengan Teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari 108 responden penelitian, Sebagian besar perawat berjenis kelamin perempuan sebanyak 79,6%, sedangkan umur responden yang paling banyak berada di umur 31-40 tahun sebanyak 50,0%, pendidikan terakhir yang ditempuh responden paling banyak yaitu pendidikan D3 Keperawatan sebanyak 49,1%. Seluruh responden dengan jumlah 108 responden (100%) yang menerapkan profesionalisme perawat dengan kategori baik. Responden yang menerapkan sasaran keselamatan pasien dengan kategori cukup yaitu berjumlah 5,6%. Sedangkan 94,4% responden yang menerapkan sasaran keselamatan pasien dengan kategori baik. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara profesionalisme perawat dengan sasaran keselamatan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang. Nilai korelasi koefisiennya yaitu 0,401 yang menunjukkan bahwa hubungan antar kedua variabel sedang. Kata Kunci : Profesionalisme Perawat, Sasaran Keselamatan Pasien Daftar Pustaka : 25 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 07:32
Last Modified: 21 May 2024 07:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item