HUBUNGAN ANTARA PERILAKU IBU TENTANG PIJAT BAYI DENGAN PERTUMBUHAN PADA BAYI USIA 0-12 BULAN DI WILAYAH PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG

Salsabila, Amelia (2024) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU IBU TENTANG PIJAT BAYI DENGAN PERTUMBUHAN PADA BAYI USIA 0-12 BULAN DI WILAYAH PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
30902000026_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : World Health Organization (WHO) mengungkapkan lebih dari separuh kematian pada balita diakibatkan karena masalah gizi, yang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pertumbuhan pada bayi, seperti; stunting, wasting, obesitas. Salah satu cara untuk menjaga pertumbuhan bayi diperlukan perhatian dari seorang ibu, salah satunya dengan memberikan stimulasi seperti pijat bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku ibu tentang pijat bayi usia dengan pertumbuhan pada bayi usia 0-12 bulan. Metode : Penelitian ini menggunakan desain crossectional dengan 118 responden ibu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner perilaku ibu tentang pijat bayi dan lembar observasi untuk pengukuran pertumbuhan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Variabel dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Sommers’d untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil : Hasil uji Sommers’d diperoleh nilai ρ-value 0,005 (<0,05) yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku ibu tentang pijat bayi dengan pertumbuhan pada bayi usia 0-12 bulan dengan kekuatan korelasi 0,247 yang dapat diartikan lemah dengan arah korelasi positif (+) sehingga semakin baik perilaku ibu tenang pijat bayi maka semakin baik pula pertumbuhan bayi. Simpulan : Analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku ibu tentang pijat bayi terhadap pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan. Artinya semakin baik perilaku ibu tentang pijat bayi, maka semakin baik pula pertumbuhan bayinya. .Kata kunci : Perilaku ibu, pijat bayi, pertumbuhan bayi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 07:33
Last Modified: 21 May 2024 07:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34263

Actions (login required)

View Item View Item