ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP INTERPROFESSIONAL TEAMWORK MAHASISWA UNISSULA Studi Observasi Analitik pada Kegiatan IPE Komunitas

Aulia, Ismi Tazkiyatul (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP INTERPROFESSIONAL TEAMWORK MAHASISWA UNISSULA Studi Observasi Analitik pada Kegiatan IPE Komunitas. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000092_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Interprofessional Education (IPE) merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk mempelajari kerja sama interprofesi yang efektif. Pada pelaksanaan IPE dalam setting komunitas, antara mahasiswa kedokteran, keperawatan, kebidanan, masih terjadi masalah kerja sama interprofesi. Meskipun demikian, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Interprofessional Teamwork belum pernah dilaporkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji faktor-faktor prediktor Interprofessional Teamwork mahasiswa Unissula selama mengikuti kegiatan pembelajaran IPE komunitas. Penelitian Observasi analitik ini menggunakan desain cross sectional pada mahasiswa prodi kesehatan di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang mengikuti modul IPE komunitas tahun 2022. Sikap interprofessional teamwork diukur menggunakan kuesioner Attitude toward Health Care Team Scale. Identitas profesi dinilai dengan menggunakan kuesioner professional identity. Data terkait jenis program studi, kepercayaan diri mengikuti IPE, motivasi masuk program studi (prodi), indeks prestasi kumulatif (IPK), keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan, jenis kelamin diambil dari identitas yang dimasukkan oleh mahasiswa sebelum mengisi kuesioner dalam formulir google form. Faktorfaktor prediktor dianalisis dengan regresi logistik melalui IBM-SPSS 25. Sejumlah 383 responden yang datanya dapat dilakukan olah data dan analisis. Kepercayaan diri mengikuti IPE dan IPK merupakan faktor prediktor sikap Interprofessional Teamwork (p=0,000; Exp(B)=1,873; CI=1,407-2,493; p=0,004; Exp(B)=2,046; CI= 1,262-2,493). Mahasiswa program studi kesehatan Unissula angkatan 2019 dominan bersikap negatif. Faktor prediktor sikap Interprofessional Teamwork adalah kepercayaan diri mengikuti IPE dan IPK. Studi lebih lanjut dapat dilakukan untuk menjelaskan sikap negatif dan memperbaiki pelaksanaan IPE di periode berikutnya. Kata kunci: Interprofessional Education (IPE), Interprofessional Teamwork.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:18
Last Modified: 06 Jun 2024 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item