ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGADAAN ASET TETAP PADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KOTA SEMARANG TAHUN 2022

Ditarta, Velina Claudya (2024) ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGADAAN ASET TETAP PADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KOTA SEMARANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402100041_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402100041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Pengadaan aset tetap merupakan salah satu penunjang kelancaran operasional suatu instansi pemerintahan agar mencapai tujuan yang diharapkan yaitu penyerapan anggaran yang efektif dan efisien. Anggaran pengadaan aset tetap pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang cukup besar maka perlu adanya perhatian serta pengawasan yang besar pula. Sistem pengadaan aset tetap pada Disperkim Kota Semarang menggunakan sistem komputerisasi yaitu sistem berbasis online berupa SIMDA BMD (Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Daerah) dan SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan). Data tugas akhir ini hasil dari kegiatan dokumentasi, pengamatan secara langsung dan melakukan wawancara dengan pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang bagian sekretariat, sub bagian keuangan dan aset yang selanjutnya dilakukan analisis secara mendalam untuk mendapatkan gambaraan nyata yang terjadi pada dinas tersebut. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan juga data sekunder. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah penerapan sistem pengendalian intern dan prosedur pengadaan aset tetap pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang sudah baik dan sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 dan Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021. Selain itu proses pengadaan aset tetap sudah baik karena menerapkan 5 unsur pengendalian intern dengan baik diantaranya yaitu lingkungan pengendalian, aktivitas pengendalian, penilaian risiko, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. Kata Kunci : Pengadaan aset tetap, SPI, Prosedur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:06
Last Modified: 04 Jun 2024 04:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item