PERBEDAAN KELUHAN MATA KERING PASIEN PASCA OPERASI FS-LASIK DENGAN RELEX SMILE (Studi Observasional Pasien pasca operasi FS-Lasik dan ReLEX SMILE di RSI Sultan Agung Semarang periode Januari 2022 – Desember 2023)

Faris, Haydar Salman (2024) PERBEDAAN KELUHAN MATA KERING PASIEN PASCA OPERASI FS-LASIK DENGAN RELEX SMILE (Studi Observasional Pasien pasca operasi FS-Lasik dan ReLEX SMILE di RSI Sultan Agung Semarang periode Januari 2022 – Desember 2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000083_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000083_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Mata kering merupakan gangguan multifaktorial pada lapisan air mata dan permukaan mata yang disertai keluhan mata terasa kering dan tidak nyaman yang sering muncul pada pasien pasca tindakan bedah refraktif, hal tersebut dikaitkan dengan pembuatan flap/sayatan pada saat tindakan bedah dilaksanakan. Penelitian ini membandingkan dua macam tindakan bedah refraksi yaitu FS-Lasik dengan ReLEx SMILE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keluhan mata kering pasca operasi FS-Lasik dengan ReLEx SMILE pada minggu pertama, minggu kedua, dan minggu ketiga. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional yang di lakukan di SEC RSI Sultan Agung Semarang dengan total sampel adalah 50 mata yang terdiri dari 25 mata pasca operasi FSLasik dan 25 mata pasca operasi ReLEx SMILE pada periode januari 2022 – desember 2023. Penelitian ini menggunakan data subjektif penderita yang di nilai melalui OSDI untuk mengetahui keluhan mata kering pada penderita, Pengambilan data akan menggunakan rekam medis. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah 8 mata untuk FS-Lasik dan 2 mata untuk ReLEx SMILE kemudian akan di analisis menggunakan uji chi square. Hasil yang diperoleh dari uji chi square antara jenis operasi (FS-Lasik dan ReLEx SMILE) dengan kejadian keluhan mata kering didapatkan p = 0,034. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keluhan mata kering pasien pasca operasi FS-Lasik dengan ReLEx SMILE. Kata Kunci : FS-Lasik, ReLEx SMILE, Keluhan mata kering.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:59
Last Modified: 11 Jun 2024 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34222

Actions (login required)

View Item View Item