HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 4 – 6 TAHUNDI TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA PAGEJUGAN

RIZKI, ANISA NUR (2024) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 4 – 6 TAHUNDI TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA PAGEJUGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
30902000036_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Tingkat pengetahuan ibu diukur menggunakan kuesioner pengetahuan ibu baik, cukup, kurang. Tingkat perkembangan anak dapat di ukur menggunakan KPSP. Tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi menjadi faktor kunci yang dapat mempengaruhi jalanya perkembangan anak. Ada empat aspek yang perlu ibu lakukan untuk menstimulasi perkembangan anak bisa dinilai mulai dari perkembangan motorik kasar, perkembangan motorik halus, perkembangan bahasa serta perkembangan kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan tingkat perkembangan anak usia 4 – 6 tahun di TK Aisiyah Bustanul Athfal Desa Pagejugan. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan crossectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner kuesioner pra – skrining perkembangan (KPSP) untuk responden anak usia 4-6 tahun dan kuesioner pengetahuan untuk responden ibu dengan jumlah sebanyak 102 responden dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh secara statistik dengan menggunakan uji Somer’s D. Hasil :Hasil analisis diperoleh bahwa dari 102 responden penelitian dengan karakteristik usia ibu di dominasi usia 26 – 35 tahun , pendidikan ibu di dominasi pendidikan SMP, pekerjaan ibu di dominasi pekerjaan ibu IRT, usia anak, usia anak di dominasi usia 5 tahun , pengetahuan ibu yang cukup sebanyak 16 (15,7) dan pengetahuan ibu yang kurang sebanyak 1 (1,0%), status perkembangan perkembangan meragukan sebanyak 30 (29,4), dan yang menyimpang sebanyak 3 (2,9%/), hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan tingkat perkembangan dengan ρ value 0, 054 dengan nilai r 0,275 menunjukan keeratan hubungan dengan arah korelasi positif. Simpulan :Hasil penelitian pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun tidak ada hubungan yang bermakna dengan arah hubungan positif artinya menunjukkan semakin baik pengetahuan ibu maka semakin baik pula tingkat perkembangan anaknya. Kata kunci : Pengetahuan ibu, perkembangan, anak usia 4 – 6 tahun Daftar Pustaka : 22 (2015 - 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 07:40
Last Modified: 21 May 2024 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34221

Actions (login required)

View Item View Item