STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI ASY-SYIFA BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR

Mulyana, Ana (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI ASY-SYIFA BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100032_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Ana Mulyana: Dalam menghadapi era globalisasi yang berkembang pesat, paradigma pendidikan telah mengalami transformasi signifikan dengan penekanan tidak hanya pada pengembangan kecerdasan intelektual, tetapi juga aspek keagamaan dan spiritualitas. Data KPAI hingga Agustus 2023 mencatat peningkatan kasus kekerasan anak, khususnya di lingkungan pendidikan, menandakan perlunya perhatian bersama. Kesenjangan antara pengembangan intelektual dan kecerdasan spiritual peserta didik, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), menjadi penyebab utama masalah ini. Di Indonesia, madrasah, seperti MI Asy-Syifa Balikpapan, memberikan porsi PAI yang signifikan. Madrasah ini berada di bawah naungan Kementerian Agama dan memiliki fokus pada penanaman nilai keagamaan serta pembentukan karakter Islami. Dengan guru-guru sebagian besar merupakan alumni pesantren yang telah mendapatkan pendidikan karakter, MI Asy-Syifa mampu efektif menyelenggarakan pembelajaran PAI, melibatkan strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan untuk membentuk kecerdasan spiritual anak didik. Dalam konteks penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan di MI Asy-Syifa Balikpapan dan menguraikan strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus pada pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pihak kepala madrasah, guru, dan siswa-siswa MI Asy-Syifa Balikpapan. Metode ini dipilih untuk memungkinkan pemahaman yang mendalam tentang strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan di madrasah tersebut, dengan melibatkan berbagai perspektif dan pengalaman dari kepala madrasah, guru, dan siswa. Penelitian ini berkesimpulan bahwa MI Asy-Syifa Balikpapan telah menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan guna membentuk kecerdasan spiritual siswa. Melalui pendekatan holistik dan interaktif, madrasah ini berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan spiritual siswa. Salah satu temuan penting adalah dibentuknya kurikulum yang menekankan pengajaran nilai-nilai keagamaan secara terintegrasi dalam mata pelajaran utama, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Nilai-Nilai Keagamaan, Kecerdasan Spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:50
Last Modified: 07 Jun 2024 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34217

Actions (login required)

View Item View Item