MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C (Studi Kasus di PKBM Tunas Perjuangan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes)

KRISTANTO, BEJO (2024) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C (Studi Kasus di PKBM Tunas Perjuangan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100035_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Perjuangan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes adalah program paket C cukup baik dan maj, baik dari sarana dan prasarana maupun kualitas pendidikannya. Hal tersebut terbukti dari nilai akreditasi PKBM Tunas Perjuangan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes yang memperoleh nilai A (Unggul). Hal tersebut merupakan prestasi cukup membanggakan. Terlebih setiap tahunnya mampu meluluskan warga belajarnya 100%. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Perjuangan. (2) Menjelaskan implikasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Perjuangan. Penelitian ini adalah berjenis penelitian lapangan. Dengan lokasi di Paket C PKBM Tunas Perjuangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis memakai analisa secara kualitatif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama: model pembelajaran PAI Paket C yang dilaksanakan di PKBM Tunas Perjuangan adalah model tutorial dan mandiri, dimana seluruh rangkaian penyajian materi ajar PAI yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan tutor serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar di PKBM Tunas Perjuangan dengan menggunakan model tutorial dan mandiri. Fungsi model pembelajaran (tutorial dan mandiri) pada mata pelajaran PAI adalah sebagai pedoman bagi tutor dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa model (tutorial dan mandiri) yang akan digunakan dalam pembelajaran menentukan perangkat yang dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kedua, implikasi model pembelajaran PAI Paket C yang dilaksanakan di PKBM Tunas Perjuangan adalah Sistem Belajar Terbuka (SBT) Sistem belajar terbuka merupakan proses belajar mandiri yang dirancang tanpa mengindahkan prasyarat umum dan akademik, seperti batasan usia, pendidikan sebelumnya, seperti layaknya belajar di kelas konvensional. SBT sebagaimana halnya belajar mandiri, tidak memiliki jadwal dan lokasi tertentu. Dan, Belajar Jarak Jauh (BJJ) Arti sebenarnya adalah warga belajar dan tutor terpisah oleh jarak, sehingga perlu ada upaya tertentu untuk mengatasinya. Oleh karena itu dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu proses pembelajaran Paket C di PKBM Tunas Perjuangan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Kata kunci: Paket C, Tutorial, Mandiri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:40
Last Modified: 20 May 2024 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34215

Actions (login required)

View Item View Item