HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Dewi, Aqillah Kurnia (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
30902000043_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kualitas pelayanan kesehatan yang tinggi atau rendah dapat mempengaruhi kepuasan pasien yang dirasakan. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Kesehatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, dengan rancangan penelitian analitik korelasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 92 orang dengan Teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil : Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil terkait kualitas pelayanan kesehatan sebanyak 70 responden (76.1%) berpendapat pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kategori baik, sedangkan 22 responden (23.9%) berpendapat pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kategori cukup. Kemudian terkait kepuasan pasien menunjukkan 60 responden (65.2%) menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan, sedangkan 32 responden (34.8%) menyatakan cukup puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value yaitu 0,001<0,05 didapatkan hasil adanya hubungan yang bermakna antara dua variabel dengan correlation coefficient yaitu 0,386 yang dapat diartikan bahwa keeratan hubungan antara dua variabel dapat dikatakan hubungan yang lemah dengan arah positif. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang yang lemah dengan arah positif. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien Daftar Pustaka : 27 (2011-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:45
Last Modified: 03 Jun 2024 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item