IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRAKTIK TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA MASYARAKAT PLURAL (Studi Kasus di Dukuh Godang Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati)

HALIMAH, LUSI NUR (2024) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRAKTIK TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA MASYARAKAT PLURAL (Studi Kasus di Dukuh Godang Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100044_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100044_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman suku, budaya, dan agama yang sangat besar. Hal ini menuntut adanya sikap toleransi antar umat beragama agar tercipta kerukunan dan kedamaian dalam bermasyarakat. Namun, dalam kenyataannya, masih terdapat berbagai kasus intoleransi dan konflik antar umat beragama di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, peneliti menganggap bahwa nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakter dan sikap toleransi di masyarakat plural merupakan hal yang penting. Namun, terdapat tantangan dalam mengintegrasikan nilai pendidikan Islam tersebut dalam praktik toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diperlukan penelitian yang mendalam untuk menimplementasikan nilai pendidikan Islam dalam praktik toleransi antar umat beragama tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Lokasi penelitian ini di Dukuh Godang Desa Karangsari Kecamatan Cluwak, sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa informan seperti pemuka agama Islam, Budha, dan Kristen serta masyarakat setempat melalui metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (1992) dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Makna toleransi yang diungkapkan masyarakat Dukuh Godang Desa Karangsari tidaklah bertentangan dengan konsep toleransi dalam Islam. Hanya saja pemahaman mereka ini masih sebatas pada konsep toleransi secara umum. Praktik toleransi antar umat beragama masyarakat plural di Godang, Karangsari, Cluwak, Pati terwujud dalam kegiatan sosial dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat plural di Godang, Karangsari, Cluwak, Pati tidak pernah menunjukkan sikap intoleransi terhadap agama lain. Kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan yang dilakukan menjadi gambaran wujud keharmonisan antar masyarakat yang berbeda keyakinan. Implementasi nilai pendidikan Islam dalam praktik toleransi antar umat beragama masyarakat plural di Godang, Karangsari, Cluwak, Pati merupakan gambaran dari nilai akhlak sesama manusia yang menjunjung tinggi kesetaraan berdasar pada prinsip al-insâniyyah (kemanusiaan), dimana manusia diciptakan untuk hidup saling berdampingan di atas perbedaan, dan prinsip al-h{urriyyah al-dîniyyah (kebebasan beragama dan berkeyakinan) yaitu prinsip kebebasan beragama yang diberikan langsung oleh Allah Swt. dengan memberi hak dasar kepada setiap manusia untuk memilih agama dan keyakinan mereka sendiri. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Toleransi, Masyarakat plural

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:42
Last Modified: 03 Jun 2024 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34208

Actions (login required)

View Item View Item